BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN



BAB IV
ANALISA DAN PEMBAHASAN

4.1.    Identifikasi Resiko
            Identifikasi resiko secara umum adalah menjawab pertanyaan – pertanyaan tentang variable resiko apa saja yang dapat berpengaruh dan seberapa besar nilai variable resiko pada proyek pembangunan ruas jalan sungguminasa – malino II serta bagaimana cara penanganannya. Informasi – informasi  yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan diatas diperoleh melalui wawancara dengan pihak–pihak yang terlibat dalam pelaksanaan konstruksi yang dituangkan melalui kuesioner., dimana penyebarannya diberikan kepada pelaksana maupun pengawas lapangan sampai kepada staf pelaksana pada proyek tersebut.
            Variable resiko yang terdapat pada proyek pembangunan ruas jalan sungguminasa – malino II, Kab. Gowa Sulawesi Selatan adalah sebagai berikut :
1.      Resiko Eksternal (tidak dapat diprediksi) yang terdiri dari :
Pergolakan sosial dan politik, perubahan kebijakan pemerintah
2.      Resiko Eksternal (dapat diprediksi) yang terdiri dari :
Kondisi perekonomian yang kurang baik, masalah penyediaan sumberdaya, kurangnya kerjasama pemilik, kontraktor dan  konsultan, adanya retribusi di luar dugaan, ancaman dan bahaya lingkungan, kondisi cuaca.
3.      Resiko Internal (non teknis) yang terdiri dari :
Kondisi keuangan proyek (sumber dana / ketersedian dana), waktu pelaksanaan yang kurang tepat, K3 (kesehatan dan keselamatan kerja), kecurangan, kelalaian, ketidakjujuran, keterlambatan dari pihak ketiga, kerusakan fisik alat, penurunan produktifitas pekerja dan alat.
4.      Resiko Internal (teknis) yang terdiri dari :
Perbedaan spesifikasi dan gambar, adanya change order, perubahan pada pekerjaan konstruksi, metode konstruksi dan teknologi kurang efektif, kegagalan struktur, ketidaksesuaian pada design, quality control yang tidak sesuai, kesalahan material dilapangan, akses site, pembayaran tertunda pada kontrak, utilitas, penundaan kontrak, kuantitas actual pekerjaan, kualitas kerja, perselisihan tenaga kerja.
5.      Resiko Legal yang terdiri dari :
Adanya tuntutan hukum, perizinan dan pembebasan lahan, ganti rugi.
         Resiko – resiko yang ada tersebut kemudian dilakukan penanganan dengan beberapa langkah respon yang digunakan yaitu menghindari resiko (Risk Avoid), mengendalikan kerugian (Risk Control), pemisahan (Separation), kombinasi atau pooling (Combination), pemindahan resiko (Risk Transfer), menanggung resiko sendiri (Risk Retention), dan pemindahan resiko dengan pembiayaan (Risk Financing Transfer).
4.2.     Penilaian Resiko
            Penilaian resiko dilakukan berdasarkan hasil identifikasi resiko melalui pengumpulan data dan informasi yang dituangkan melalui kuesioner. Jumlah kuesioner yang disebar adalah 30 buah, jumlah kuesioner yang kembali adalah 25 buah. Perincian kuesioner yang kembali dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 4.1. Presentase Kuesioner yang Kembali
         Penilaian resiko dilakukan berdasarkan pada skala penilaian resiko yang diberikan pada kuesioner. Pemberian skala pada jawaban responden dimaksudkan untuk mempermudah proses pengolahan data secara matematis. Adapun nilai rata – rata opini responden untuk skala penilaian resiko adalah sebagai berikut :
Tabel 4.2. Opini Rata – Rata Responden
Hasil penilaian resiko dari responden untuk setiap variable resiko terhadap kemungkinan terjadinya resiko dan besarnya kerugian adalah sebagai berikut :
1.            Pergolakan Sosial dan Politik
            Untuk variable resiko pergolakan social dan politik terhadap kemungkinan terjadinya resiko, sebanyak 12% responden mengatakan sangat jarang, 48% mengatakan jarang, 24% mengatakan sedang, 12% mengatakan sering, dan 4% mengatakan sangat sering. Seperti yang tergambar pada Pie Chart di bawah ini :
Gambar 4.1 Pie Chart Resiko Pergolakan Sosial dan Politik (Possibility)
            Untuk variable resiko pergolakan social dan politik terhadap besarnya kerugian, sebanyak 12% responden mengatakan sangat kurang, 56% mengatakan kurang, 20% mengatakan sedang, 12% mengatakan besar, dan 0% mengatakan sangat besar. Seperti yang terganbar pada Pie Chart dibawah ini :
Gambar 4.2 Pie Chart Resiko Pergolakan Sosial dan Politik (Loss)

0 komentar:

Posting Komentar

Barclays EPL

Barclays EPL
Update Liga Inggris klik gambar diatas!

Menchester United

Menchester United
Gabung dengan United Indonesia klik gambar diatas!