This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

BAB I PENDAHULUAN



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan masyarakat modern, kebutuhan akan berbagai fasilitas pendukung kegiatan hidup juga semakin meningkat. Hal ini tercermin dari semakin meningkatnya pembangunan berbagai fasilitas infrastruktur diberbagai sektor, mulai dari system energi, Transportasi jalan raya, bangunan – bangunan perkantoran dan sekolah, hingga telekomunikasi yang kesemuanya itu memerlukan adanya dukungan infrastruktur yang handal. Sehingga pemerintah Indonesia dewasa ini aktif melaksanakan proyek – proyek pembangunan, khususnya dalam bidang konstruksi infrastruktur.
            Proyek konstruksi merupakan salah satu bidang yang paling dinamis, berisiko, menantang dan menguntungkan. Kegiatan proyek ini bersifat dinamis, mempunyai keterbatasan waktu dan biaya, serta bersifat kompleks karena terdiri dari berbagai macam kegiatan. Untuk dapat merealisasikan agar proyek tersebut tepat biaya, mutu, waktu dan keselamatan kerja, maka kontraktor harus melakukan perencanaan sebaik mungkin dengan menerapkan manajemen konstruksi. Dalam mengembangkan suatu proyek, para kontraktor sebaiknya membuat asumsi – asumsi dasar mengenai kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi. Suatu kemungkinan menunjukkan adanya ketidakpastian, ketidakpastian akan kondisi cuaca, produktifitas tenaga kerja dan peralatan merupakan sedikit contoh risiko yang selalu ada pada proyek konstruksi.
            Ketidakpastian menyebabkan risiko. Risiko terjadi dalam bentuk kejadian yang tidak diharapkan dan tidak dapat diprediksi, jadi hanya boleh diambil bilamana potensi manfaat dan kemungkinan keberhasilannya lebih besar daripada biaya yang diperlukan untuk menutupi kegagalan yang mungkin terjadi. Walaupun demikian para pelaksana proyek harus berusaha agar ketidakpastian itu dapat diperkecil dan diantisipasi dengan melakukan beberapa tindakan alternatif untuk menghadapi risiko itu, dengan kata lain suatu risiko harus dimanajemen dengan baik agar efektifitas perusahaan tidak terganggu. Proses menganalisa kemungkinan risiko dapat menggunakan sebuah pendekatan yang disebut “Manajemen Risiko”, yang merupakan suatu pendekatan yang logis dan sistematis untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan menangani risiko yang terjadi dengan tujuan untuk menetapkan pengaruhnya dan mengembangkan respon manajemen yang tepat.
Bertitik tolak dari hal tersebut maka penulis tertarik untuk membahasnya sebagai Tugas Akhir dengan judul :

“Analisa Risiko pada Proyek Pembangunan Ruas Jalan
Sungguminasa – Malino II Kab. Gowa Sulawesi Selatan”


1.2. Maksud Dan Tujuan
            Adapun maksud penulisan adalah sebagai bentuk penerapan proses manajemen risiko pada pelaksanaan konstruksi infrastruktur.
Tujuan penulisan ini antara lain :
·        Untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan proyek.
·        Mengukur dan mengklasifikasikan tingkat risiko yang menjadi penghambat pada pelaksanaan proyek tersebut.
·        Untuk mengetahui opsi / strategi yang digunakan dalam penanganan risiko pada proyek tersebut.

1.3. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dari tulisan ini adalah :
·        Resiko yang ditinjau hanya masalah yang ada pada pelaksanaan proyek pembangunan jalan ruas sungguminasa – malino II.
·        Resiko yang ditinjau adalah resiko yang ada pada pelaksanaan proyek pembangunan jalan yang terdiri dari : Eksternal, Internal, dan Legal.
·        Populasi responden terdiri dari pihak – pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan jalan ruas sungguminasa – malino II.
 
1.4. Sistematika Penulisan
            Untuk mempermudah membahas masalah dalam tugas akhir ini, maka penulis menyusun sistemmatika penulisan dengan komposisi sebagai berikut :

BAB I              PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraikan latar belakang masalah, maksud dan tujuan penulisan, batasan masalah dan sistematika penulisan.
BAB II             TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menguraikan teori – teori dasar berdasarkan kajian pustaka tentang manajemen risiko.
BAB III            METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini menguraikan tentang metodologi penulisan yang digunakan dalam hal pengumpulan data dan analisa data.
BAB IV           ANALISA DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi evaluasi / bahasan atas pengukuran dan pengolahan data dari hasil kuesioner.
BAB  V            PENUTUP
Merupakan bab akhir yang berisi tentang kesimpulan akan hal – hal yang dianggap penting dan dilengkapi dengan saran – saran untuk penyempurnaan.

Barclays EPL

Barclays EPL
Update Liga Inggris klik gambar diatas!

Menchester United

Menchester United
Gabung dengan United Indonesia klik gambar diatas!